Kepanjangan UKMPPD bener-bener kepanjangan ya kan? Sama panjangnya dengan prosesnya.haha Intinya hanya ujian dokter.titik. Mahasiswa kedokteran yang sudah selesai kuliah dan koass wajib ikut ujian ini supaya sah menjadi dokter, yaitu disumpah dan mendapat Surat Tanda Registrasi.
Ujian terdiri dari CBT dan OSCE.
CBT seperti ujian tertulis tapi teknisnya menggunakan komputer. Terdiri dari 200 soal yang dikerjakan selama 3 jam 20 menit. Model soalnya bukan lagi tentang teori yang bisa dicari direferensi, tapi berbentuk analisa kasus. Terdiri dari bermacam-macam kasus yang luas sekali. Dari penyakit panu sampai penyakit saraf. Bahkan ilmu kesehatan masyarakat dan metodelogi penelitian kesehatan pun ikut andil dalam 200 soal ini. Sebenarnya inti pertanyaan dari soal-soal itu hanyalah tentang :
1. Diagnosa
2. Pemeriksaan Fisik
3. Pemeriksaan Penunjang
4. Etiologi/penyebab
5. Tatalaksana
6. Komplikasi
7. Edukasi
Tapi untuk memahami satu soal saja itu butuh ingatan dan pengalaman belajar selama kurang lebih 5 tahun. Haha.

image
Contoh warnet.eh bukan..ruang Computer Based Test

Sama halnya dengan ujian OSCE, hanya teknik ujiannya yang berbeda. Kalau CBT kita menganalisa soal dan dijawab dengan multiple choice dalam komputer, nah OSCE ini kita dihadapkan pada pasien sungguhan! Jadi begini tata caranya. Didalam ruangan sudah disetting sedemikian rupa persis seperti ruang kerja dokter berikut dengan instrumen-instrumen untuk pemeriksaan. Setiap ruangan terdapat seorang pasien pura-pura yang sudah diajarkan tentang sakitnya apa. Nah kita sebagai peserta ujian memainkan peran sebagai dokter sungguhan didalam ruangan itu. Menganamnesa/wawancara, melakukan pemeriksaan, lalu menentukan diagnosanya dan tentu saja memberi penatalaksanaan. Penatalaksanaan bukan hanya sekadar pemberian obat, tapi juga edukasi, atau bisa juga tindakan medis seperti penjahitan luka atau memasang infus atau resusitasi jantung paru, bahkan menolong persalinan, sesuai dengan keadaan pasien saat itu. Kalau untuk tindakan medis tentu menggunakan manekin, namun pemeriksaan fisik head to toe tetap dilakukan pada pasien. Kecuali pemeriksaan genital loh ya..

image
Siap-siap memasuki ruangan. Baca kasusnya dulu didepan ruangan

Seru kan? Iya seru banget. Hahaha #ketawahoror. Oh ya, ada batas waktu setiap memasuki ruangan yaitu 15 menit.. terdiri dari 12 ruangan yang kita masuki satu per satu sambil deg-degan disko. #situ sakit apaaa??

image
Tau kan yang mana peserta, penguji, dan pasien pura puranya

Selain pasien, didalam ruangan juga ada penguji yang hanya melihat tindak tanduk peserta ujian dalam ruangan itu. Penguji hanya diam.tidak bertanya ataupun berkomentar. Hanya berbicara jika kita bertanya tentang hasil pemeriksaan atau lainnya. Kan pasiennya cuma pura-pura, tentu hasil pemeriksaan fisiknya akan normal semua, oleh karna itu kita bertanya pada penguji untuk memberi hasil pemeriksaan yang sesuai dengan kasus.
Peserta ujian juga harus bijak dalam penggunaan instrumen untuk tindakan medis. Tidak perlu menggunakan alat yang memang tidak dibutuhkan dalam penanganan medis meskipun tersedia. Tatacara menghadapi pasien dinilai dari segala aspek termasuk etika dan profesionalisme.
Pengumuman UKMPPD batch 2 2016 adalah akhir bulan ini. Semoga hasilnya menjadi hadiah ramadhan terindah. Amiiin.